Bermain Pokémon GO? Hati-Hati Keamanan Data Akun Google Kamu

Bermain Pokémon GO? Hati-Hati Keamanan Data Akun Google Kamu

Popularitas game Pokémon GO terbukti menarik perhatian banyak pihak. Mantan Senior Engineering Manager di Tumblr, Adam Reeve, menyoroti Pokémon GO dari sisi yang sering diabaikan oleh banyak orang, yaitu soal keamanan data. Menurutnya, aplikasi Pokémon GOberbahaya untuk digunakan karena mengharuskan beberapa penggunanya yang logindengan akun Google untuk memberikan Full Account Access.

Menurut aturan Google, Full Account Access seharusnya hanya boleh diberikan kepada aplikasi yang benar-benar kamu percaya. Apabila sebuah aplikasi telah mendapat Full Account Access, mereka akan bisa melihat dan mengubah hampir seluruh data di akun Google kamu. Hanya ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan dengan Full Account Access, seperti mengubah password, menghapus akun, atau membayar dengan Google Wallet.

Hal ini membangkitkan kekhawatiran kalau nantinya Pokémon GO bisa menggunakan data-data tersebut untuk kepentingan mereka. Meski Pokémon GO tidak melakukan hal itu, penggunaan Full Account Access tetap merupakan sebuah celah keamanan yang bisa digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan kejahatan.
Niantic Labs, perusahaan yang merupakan pembuat game Pokémon GO, langsung menanggapi isu tersebut dan menjelaskan kalau penerapan Full Account Access untuk beberapa pengguna merupakan sebuah eror. Saat ini, mereka tengah memperbaiki hal tersebut, sehingga nantinya aplikasi Pokémon GO hanya bisa mendapatkan akses biasa.
Lebih lanjut pihak Niantic Labs menambahkan, sejauh ini aplikasi Pokémon GO hanya melihat informasi berupa User ID dan alamat email di akun Google para pengguna mereka, dan tidak mengumpulkan data-data pribadi yang lain.
Hal ini pun dibenarkan oleh Google, yang memastikan kalau Niantic Labs tidak mengakses atau mengumpulkan data-data pribadi pengguna Pokémon GO. Google pun akan segera mengubah akses yang dimiliki oleh aplikasi Pokémon GO, sehingga pengguna tidak perlu melakukan apa pun terkait hal ini.
Bermain Pokémon GO? Hati-Hati Keamanan Data Akun Google Kamu Bermain Pokémon GO? Hati-Hati Keamanan Data Akun Google Kamu Reviewed by Deep Beer on 4:53 PM Rating: 5